Sifat dan Karakter Seorang Anak


Seringkali kita jumpai, seorang anak yang terkadang membantah ataupun berani kepada orang tuanya sendiri. Padahal, pendidikan yang diberikan kepada sang anak memiliki kualitas yang tinggi.  Mengapa demikian?.

Nah, dalam pembentukan sifat dan karakter seorang anak menurut hemat penulis ada tiga faktor pendukung.

Yang pertama adalah perhatian/kasih sayang orang tua kepada anak. Faktor yang pertama ini sangat menentukan sifat dan karakter seorang anak dikemudian hari, karena perhatian dari orang tua akan membentuk mental dan kepribadian seorang anak menjadi lemah lembut, keras, tegas dan lain sebagainya.

Yang kedua adalah jenjang pendidikan yang ditempuh sang anak. Jenjang pendidikan yang memiliki kualitas baik akan menentukan karakter dan kepribadian anak, mengapa?. Karena bagaimana metode seorang guru mendidik muridnya, ataupun bagaimana seorang guru bersikap kepada seorang murid akan mempengaruhi pembentukan sifat dan karakter anak.

Yang ketiga adalah lingkungan pergaulan anak. Lingkungan pergaulan anak akan menentukan bagaimana cara tingkah laku dari mulai berkata, sopan santun, maupun melakukan suatu pekerjaan seorang anak. Karena, seorang anak akan meniru apa yang membuat menarik perhatiannya. Yang terkadang seorang anak tersebut meniru seluruh perbuatan seseorang tanpa memikirkan dampak positif maupun negatifnya.

Mungkin itu sedikit ilmu yang dapat disampaikan penulis, mohon maaf apabila banyak kesakangan dan kekurangan. Semoga bermanfaat and happy weekend.

 

 

 

 

Penulis.  : Bajingan@Berilmu

Editor : triono


Komentar