PAC IPNU IPPNU Peringati Harlah Dengan Berziarah

Pengurus PAC IPNU IPPNU Jenangan di depan makam Bathoro Kathong (MCPNU.Jpg)

MCPNU Ponorogo, Jenangan- Dalam rangka memperingati Harlah ke-67 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan ke-66 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo memiliki cara tersendiri. Mereka memilih untuk berziarah ke makam para Auliya' di kota Ponorogo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (1/3).

Makam pertama yang dikunjungi dimulai dari makam KH.Umar Shodiq di Kecamatan Babadan, lalu di Kecamatan Jenangan di makam Mbah Fadhil Gentan Ngrupit dan Makam Batoro Katong Setono. Setelah itu dilanjutkan ke makam KH. Hasyim Sholeh di samping pondok Darul Huda Mayak dan terakhir di pemakaman Tegalsari. Kelima tempat tersebut merupakan sebagian dari makam para Auliya' yang tersebar di Ponorogo. Frendy (ketua PAC IPNU) mengungkapkan, ''ziarah dipilih sebagai salah satu kegiatan untuk peringatan Harlah demi meningkatkan kecintaan kepada ulama dan mengingatkan perjuangan ulama dalam mengembangkan dan menyebarkan agama Islam di Ponorogo khususnya”.

 Setelah selesai melaksanakan ziarah makam, para pengurus PAC IPNU IPPNU Jenangan melanjutkan dengan acara ngopi bareng di area Masjid Jami’ Tegalsari. “Ini dipilih sebagai sarana meningkatkan rasa solidaritas antar sesama anggota PAC IPNU IPPNU Jenangan dengan saling berdiskusi dan bertukar pikiran”, tutur Frendy. Melalui ziarah kepada Auliya', Frendy berharap para kader IPNU-IPPNU Jenangan mengenal sekaligus memiliki kecintaan yang besar kepada para Auliya.

 “Dikarenakan masih masa pandemi, mau tidak mau dengan terpaksa peringatan Harlah ini dilakukan secara sederhana. Dimulai dari Diklat administrasi seluruh ranting di Jenangan, kemudian ziaroh makam, dilanjut acara tumpengan tanggal 5 Maret nanti dan puncaknya rutinan sholawat Nahdlatu Atthullab "Maos lan Ngaos Kitab Al Barzanji". Semoga dengan rangkaian peringatan Harlah ini dapat memupuk semangat 3B bagi para rekan rekanita semua”, pungkas Rekanita Jenny (Ketua PAC IPPNU).

 

Penulis : K. Bugo

Editor : Rangga



 

Komentar