Istiqomah, PR IPNU & IPPNU Dayakan Jaga Tradisi Amaliyah NU

Ket Foto: Dokumentasi Kegiatan Istighosah PR IPNU & IPPNU Dayakan (Dina/MCPNU)

Badegan, MCPNU Ponorogo

Pimpinan Ranting (PR) IPNU & IPPNU Dayakan Kecamatan Badegan naungan kembali istiqomahkan rutinan Istighosah pada Senin (17/07/2023) yang bertempat di Musholla Lillahi Ta’ala Dusun Kliyur desa setempat. 

Rekan Agung menjelaskan tujuan diadakannya acara istighosah ini yakni menjaga amaliyah Nahdliyyin serta mewujudkan peran pelajar NU di tengah masyarakat.

“Rutinan ini dimaksudkan untuk menjaga amaliah tradisi warga Nahdliyyin sekaligus menghidupkan kembali rutinan yang telah terlaksana sebelumnya agar terus langgeng dan tak lekang oleh zaman. Selain itu, sebagai sarana untuk mewujudkan aksi nyata IPNU & IPPNU sebagai generasi muda di tengah perkembangan dan tantangan di Masyarakat saat ini dan masa yang akan datang,” Jelasnya.

Lebih lanjut Rekan Agung mengungkapkan, Program kerja dari PAC memiliki target yang diharapkan dapat dicapai oleh seluruh ranting di Badegan dengan menawarkan beberapa cara sekaligus memberikan arahan lebih lanjut.

“Target dari PAC Badegan, kegiatan rutinan-nya harus bisa terlaksana di setiap ranting yang berada di wilayah kecamatan Badegan. Arahan diberikan ketika Turba berlangsung ke setiap ranting sehingga rutinan ini merupakan salah satu tindak lanjut dilaksanakan turba. Selain itu, dengan mengajak kepada anggota ranting untuk menghidupkan rutinan kembali. Dalam hal ini, PAC selalu mengawal Ranting di setiap ada acara maupun rutinan," Pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa di Ranting Dayakan telah berjalan dua rutinan sekaligus yakni Majelis Sholawat pada hari Jum’at (07/07/23) dan Rutinan Istighosah Senin (17/07/2023). Harapannya hal ini dapat menjadi pemicu semangat Ranting-ranting lainnya yang masih dalam proses menghidupkan kembali. Hal ini penting karena di era milenial ini, akan lebih baik jika para pelajar diberikan edukasi sehingga dapat terus melestarikan amaliah yang menjadi jati diri warga NU secara utuh dan konsisten. Dengan itu, tidak ragu jika NU akan selalu berkibar dan mengakar pada hati yang kuat.


Penulis: Dina Kamilasari

Editor: Bintu Syam 

Komentar