Program Semat Fatayat Untuk Kemaslahatan Umat

MCPNU Ponorogo - Pulung Semat (Sedekah Jumat) merupakan program sosial yang dipelopori oleh Pimpinan Anak Cabang Fatayat Pulung, Ponorogo. Program tersebut ditujukan kepada masyarakat yang secara ekonomi berada di kalangan menengah ke bawah meliputi, lansia, fakir, miskin, yatim dan orang-orang yang membutuhkan. 

Seperti namanya, semat (sedekah Jumat) dilaksanakan setiap hari Jumat oleh para pengurus Fatayat bersama para donatur. “Program semat ini awalnya hanya untuk bersedekah nasi bungkus yang diberikan kepada jama’ah sholat Jumat. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah donatur semakin bertambah banyak. Dan akhirnya pengurus PAC Fatayat Pulung berinisiatif untuk mengadakan semat sembako yang dilaksanakan setiap Jumat yang ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan”, tutur Erna selaku ketua Fatayat PAC Pulung, Ahad (13/12/20) Sejauh ini sudah ada 4 desa yang merasakan dampak positif program semat yaitu, Desa Singgahan, Tegalrejo, Pomahan dan Plunturan. 

Sejauh ini masyarakat merespon kegiatan ini dengan baik, terlebih dalam kondisi pandemi, dimana bantuan sosial sangat diperlukan oleh masyarakat menengah ke bawah. “Harapan kami yaitu bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan kami juga menerima bantuan dari masyarakat yang peduli terhadap sesama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa istiqomah” pungkas Erna. 

Kendala yang pernah dialami selama ini adalah keterbatasan tenaga untuk mengambil bantuan sayur di daerah Pudak (dataran tinggi Pulung), dimana rute yang dilalui tergolong sulit. Namun, terkadang ada relawan yang mau mengantar donasi yang berasal dari Pudak. 
Penulis : Iput

Komentar