HARLAH ORGANISASI, SAMPUNG SIAP TOK

Sebagai momentum tiap tahunya, pada hari Ahad 04 Maret 2018, IPNU IPPNU Sampung mengadakan acara tahunan yakni Harlah IPNU IPPNU, yang didalamnya memuat berbagai agenda, diantaranya khotaman Al-Qur’an, Sholawatan, dan acara refleksi Harlah IPNU IPPNU. Di dalamnya juga diadakanya pemotongan tumpeng oleh ketua PAC IPNU IPPNU dan diserahkan kepada ketua Ranting pagerukir yang baru.
Acara tersebut diadakan untuk memperingati Harlah IPNU ke 64 & IPPNU ke 63, bertempat di masjid Darul Mu’min dukuh temon Desa Pagerukir (lereng puncak cumbri).
“Dalam harlah ini PAC Sampung meengadakan acara yang simpel, tidak terlalu rebyek , yakni refleksi dan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur, karena telah berdiri ranting baru di kec. Sampung & Refleksi itu bermaksud untuk mengembalikan ruh” semangat pelajar dan mengevaluasi (menilai diri) para anggota” aktif IPNU IPPNU Sampung (apa yang sudah saya buat untuk IPNU IPPNU & apa yang harus saya berikan untuk IPNU IPPNU). Dan pada intinya acara tersebut untuk meraketkan anggota baru di desa Pagerukir dengan anggota-anggota ranting ataupun PK lain. Dan juga mengenalkan kepada pengurus baru bagaimaana bergeraknya IPNU IPPNU itu, kaarena ranting  pagerukir masih baru dan mengawali langkah juangnya dari nol.” Ujar Fuad
Acara harlaah ini juga sebagai puncak acara Harlah IPNU IPPNU di kec. Sampung, yang sebelumnya setiap ranting juga mengadakan acara sendiri-sendiri, yakni acara do’a bersama untuk kemajuan IPNU IPPNU di wilayah Sampung.
Dengan kondisi medan jalan yang cukup ekstrim, tidak menjadi halangan untuk hadir pada acara yang penuh berkah ini, Alhamulillah banyak yang antusias hadir dalam acara itu, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Terlihat juga beberapa anak kecil kira-kira umuran kelas 2 SD yang ikut acara kali ini & dengan lanyah menyanyikan mars Subbanul Wathon ketika menyanyi bersama” tutur Bayu
Acara harlah itu dihadiri banyak kalangan Mulai dari intansi desa, Ranting NU, dan warga sekitar. Dimulai pada pukul 08.00 dengan diawali khotaman Al-Quran bersama-sama. Setelah khotaman usai pada pukul 09.30 dilanjutkan dengan sholawatan yang di isi oleh grup hadrah dari PAC Sampung sendiri, dan dilanjutkan dengan acara inti yakni refleksi harlah IPNU IPPNU. Dalam sesi sambutan ketua PAC IPNU sampung berpesan kepada tokoh masyarakat agar selalu membimbing dan mendukung kinerja IPNU IPPNU Pagerukir. Dan dalam sambutan kepala desa, lurah pagerukir juga berpesan supaya mengajak teman-teman yang lain untuk ikut gabung di IPNU IPPNU.
“nek neng kono enek cah cilik, rodok gedi, cah saumuranmu ndang jak’en gabung neng ipnu ippnu. Niati bismillah, insya’allah barokah” kata mbah lurah pagerukir
Setelah sesi sambutan selesai dilanjutkan pada acara Inti yang di isi oleh Bapak Suppriyanto S.Pd.I selaku pengurus Cabang GP Ansor Ponorogo bidang Departemen Pemuda Olahraga dan Seni Budaya, beliau juga Domisioner ketua IPNU PAC Sampung periode 2002-2003. Dalam acara inti ini banyak motivasi-motivasi yang dituturkan beliau. Beliau juga menceritakan pengalaman-pengalaman dulu dan manfaat sekarang.
“kunci di organisasi adalah entengan, dengan entengan itu bisa menjadi maghnet dalam diri kita. Ketika kita disuruh oleh masyarakat sekitar maka lakukanlah, jadikan itu sebagai pembelajaran dari pengalaman. Banyak contohnya seperti bapak Supri yang sekarang jadi ketua Ranting NU Desa Pagerukir ini, dulunya juga menjadi pengurus IPNU Ranting Tulung, dia juga entengan, sekarang dia sukses, banyak job-job yang datang melalui profesinya yaitu pelatih Drumb Band dan dia sekarang menjadi orang terkemuka di desa ini” tutur Bapak Suprianto selaku pengisi acara itu.
Di penghujung acara tersebut dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua PAC IPNU IPPNU sampung dan diberikan kepada ketua Ranting IPNU IPPNU Pagerukir dan dilanjutkan makan bersama.
Semoga momentum harlah kali ini membawa keberkahan, IPNU IPPNU semakin melekat di hati kita semua dan pastinya selalu jaya dan maju. [Fuad]

#SiapTOK
#Santri OaOe
#Goresan Pena Santri

Komentar