SINERGITAS KPU DENGAN IPPNU UNTUK PEMILIH PEMULA WANITA ANDIL DALAM PESTA DEMOKRASI

       Ponorogo, Jumat, 22/02/2019. Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya pemilih pemula. Komisi Pemilihan Umum Ponorogo bekerjasama dengan PC IPPNU Kabupaten Ponorogo menyelenggarakan sosialisasi pemilu. 

         Acara yang bertemakan Sosialisasi Remaja Pemilih Cerdas diselenggarakan di rumah makan Sami Lumayan. Acara ini dihadiri oleh Ikatan Pelajar Putri NU Se-Ponorogo. Acara ini ditujukan untuk pemilih pemula, khususnya perempuan. Karena perempuan dianggap kurang tersentuh oleh partai politik. KPU Ponorogo juga memberikan sosialisasi terkait warna surat suara dan teknis pelaksanaan bagi penyandang tuna netra yaitu kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden. Ketentuan warna surat suara merupakan ketetapan KPU Republik Indonesia. Selain itu, KPU Ponorogo juga memberikan edukasi seputar proses perhitungan suara dari TPS sampai ke KPU pusat di Jakarta.

       Sosialisasi ini diakui bermanfaat bagi peserta seminar," manfaatnya, dari awalnya yang tidak mengerti jadi mengerti. Para pelajar yang dari SMA khususnya. KPU itu sebuah pemilihan yang tidak asing, tapi tidak dimengerti khususnya bagi para pelajar. Jadi dari sosialisasi ini, banyak hal yang kita mengerti, dari bentuk-bentuknya, bagaimana cara pemilihannya nanti, waktu pelaksanaan bagaimana, fungsinya apa, pemilihan itu fungsinya apa," Awalul Laila Rekanita IPPNU Jambon.

(MCP/RIA)

Komentar