Wujud Rekonstruksi Militansi dan Implementasi Nilai Luhur NU, CBP KPP Badegan Adakan Diklatama V

ket foto: suasana malam Diklatama V PAC IPNU IPPNU Badegan (MCPNU Badegan)


Badegan, MCPNU Ponorogo

Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo sukses menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) yang ke-5.

Kegiatan yang bertema 'Rekonstruksi Militansi Kader Dalam Rangka Implementasi Nilai Luhur Nahdlatul Ulama' tersebut berlangsung di SDN 1 Watubonang pada Kamis (27/06/2024) hingga Sabtu (29/06/2024) diikuti oleh 31 peserta dengan rincian 18 peserta dari internal Badegan dan 13 peserta berasal dari eksternal. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bapak Seno selaku Ketua Tanfidziyah MWC (Majelis Wakil Cabang) NU Badegan.

Kepada MCPNU Ponorogo, Minggu (30/06/2024) Ketua panitia Diklatama ke-5, Santika Agustina menjelaskan tujuan dilaksanakannya Diklatama yakni, “Selain untuk meregenerasi kader CBP dan KPP, Diklatama ini diselenggarakan untuk membangun kembali rasa militansi kader terhadap organisasi sehingga diharapkan kualitas organisasi semakin baik,” ungkapnya.

Diklatama merupakan jenjang lanjutan dari tahap kaderisasi untuk bergabung ke dalam pasukan khusus Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korps Pelajar Putri (KPP). Dengan demikian generasi penerus dalam sebuah perjuangan akan tetap ada dan bertambah, baik secara kualitas maupun kuantitas. Menurut Rekanita Santika tahap pendidikan dan pelatihan bagi kader ini sangat penting karena peserta akan dibekali penguatan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah, serta awareness terhadap sesama dalam berorganisasi dan bermasyarakat.

“Sebagai penguatan nilai-nilai luhur Nahdlatul Ulama terdapat beberapa materi yang disampaikan, antara lain materi Aswaja An-Nahdliyah, ke-NU-an, CBP KPP, termasuk Wawasan Kebangsaan untuk melestarikan amaliah NU,” terangnya.

Afrizal Surya Gemilang komandan CBP Kecamatan Badegan menyampaikan, “Harapan saya untuk CBP KPP DKAC Badegan ke depannya bisa memiliki semangat dan loyalitas yang tinggi dan dapat menjadi teladan di masyarakat serta berguna dan bermanfaat tentunya. Selain itu, sebagai pelajar Nahdlatul Ulama tetap menapaki jalurnya sendiri, fokus dalam belajar dan sesuai porsinya. Tetap Belajar, Berjuang, Bertaqwa lalu Mengabdi. Setelah mengikuti Diklatama kemarin para peserta dituntut untuk belajar bagaimana cara menghadapi situasi dengan cekatan dan mengutamakan kedisiplinan, tanggung jawab serta kepedulian,” jelasnya.

Turut hadir dalam malam puncak acara pada Jum’at (28/06/2024) yaitu alumni dari PAC IPNU IPPNU Badegan, PC IPNU IPPNU Ponorogo, Segenap Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama, serta DKAC CBP KPP Ponorogo serta DKAC dari PAC lainnya.

Pewarta : Dina Kamilasari

Editor : Bintu s

Komentar